KORELASI ANTARA KOMPETENSI PERAWI DENGAN MATAN HADIS DAN SUBSTANSI (STUDI ANALISIS HADIS-HADIS HAKIM IBN HIZAM DALAM SAHIH AL-BUKHARY)

Authors

  • Noor Ikhsan Silviantoro STDI Imam Syafi'i Jember

DOI:

https://doi.org/10.37397/almajaalis.v3i1.30

Keywords:

Hadis, Hakim, Hizam, kompetensi, perawi.

Abstract

Sebagai seorang sahabat Nabi yang mengalami masa jahiliyah dan Islam secara berimbang, kontribusi keilmuan dan kompetensi Haki>m ibn Hiza>m sangat dikenal oleh kaum muslimin, beliau memiliki 40 hadis yang diriwayatkan secara musnad sampai kepada Rasulullah saw, tetapi hanya 4 hadis yang diriwayatkan al-Bukhari di dalam S}ahihnya, 2 hadis pada kasus yang bersifat personal dan 2 lainnya juga diriwayatkan oleh sahabat-sahabat Nabi yang tidak sedikit jumlahnya. Di saat yang sama, beredar opini yang meragukan standar keilmiahan S}ahi>h al-Bukha>ri jika ditinjau dari kacamata keilmuan modern. Berawal dari fenomena ini, maka dilakukanlah library research terhadap keempat hadis tersebut dengan metode kualitatif induktif dan pendekatan deskriptif untuk mengungkap salah satu standar keilmuan al-Bukha>ri yaitu korelasi antara kompetensi rawi dengan matan dan substansi hadis yang diriwayatkannya. Berdasar data dan analisa, dapat disimpulkan bahwasanya al-Bukha>ri memiliki standar keilmuan yang sangat tinggi, tidak hanya kesahihan sanad dan matan yang dipersyaratkan bahkan kompetensi rawi sangat diutamakan. Kompetensi tersebut berupa linearitas antara pekerjaan/sisi kehidupan rawi dengan bidang keilmuan atau substansi hadis yang diriwayatkannya, bisa pula berupa keberadaan rawi sebagai subjek/pelaku kejadian, saksi, objek, dan yang semisalnya. Dengan demikian nilai-nilai keilmiahan al-Bukha>ri dan standar keilmuannya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Published

2015-11-20

How to Cite

Noor Ikhsan Silviantoro. “KORELASI ANTARA KOMPETENSI PERAWI DENGAN MATAN HADIS DAN SUBSTANSI (STUDI ANALISIS HADIS-HADIS HAKIM IBN HIZAM DALAM SAHIH AL-BUKHARY)”. Al-Majaalis, vol. 3, no. 1, Nov. 2015, pp. 1-28, doi:10.37397/almajaalis.v3i1.30.