METODE SELEKTIF AL-SUYUTI ATAS PENDAPAT ULAMA TENTANG HADIS SAHIH DAN HADIS HASAN DALAM KITAB TADRIB AL-RAWI

Penulis

  • Nur Kholis STDI Imam Syafi'i Jember

DOI:

https://doi.org/10.37397/almajaalis.v3i1.33

Kata Kunci:

Manhaj, Suyuti, Menyeleksi, Tadrib al-Rawi

Abstrak

Untuk memahami ilmu hadis, telah banyak ditawarkan manhaj (metode), dan kajian ini yang tertuang dalam judul “Manhaj al-Suyu>t}i> dalam Menyeleksi Pendapat Ulama tentang Hadis Sahih dan Hadis Hasan dalam Kitab Tadri>b al-Ra>wi)” ditulis untuk meneliti manhaj yang digunakan oleh al-Suyu>t}i> dalam kitabnya tersebut terkait dengan menyeleksi pendapat para ulama tentang hadis sahih dan hasan.
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana metode al-Suyuti dalam menyeleksi pendapat ulama tentang hadis sahih dan hadis hasan dalam kitab tersebut? dan bagaimana analisis al-Suyuti terhadap pendapat ulama tersebut? Ulasan-ulasan yang dibahas untuk menjawab permasalahan di atas adalah 1) Menjelaskan metode-metode yang digunakan oleh al-Suyuti dalam menyeleksi pendapat para ulama. 2) Menjelaskan analisis al-Suyuti terhadap pendapat-pendapat tersebut.
Untuk mencapai tujuan tersebut, jenis penelitian ini adalah library research dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Adapun metode pengambilan sampel dan ukurannya maka penelitian ini menggunakan metode purposive sample. Metode ini diberlakukan untuk mengambil sampel dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa metode al-Suyuti dalam menyeleksi pendapat ulama tentang hadis sahih dan hasan dalam kitab Tadri>b al-Ra>wi> adalah bervariasi, ada sembilan metode yang dihasilkan dalam penelitian ini, dan di antara metode-metode tersebut yang paling sering digunakan adalah mendiskusikan suatu pendapat tanpa memberikan komentar. Adapun yang dihasilkan dari analisis al-Suyuti terhadap pendapat-pendapat tersebut adalah jarang melakukan ijtihad sendiri, melainkan ia sering memilih pendapat Ibn Hajar.

Unduhan

Diterbitkan

20-11-2015

Cara Mengutip

Nur Kholis. “METODE SELEKTIF AL-SUYUTI ATAS PENDAPAT ULAMA TENTANG HADIS SAHIH DAN HADIS HASAN DALAM KITAB TADRIB AL-RAWI”. Al-Majaalis : Jurnal Dirasat Islamiyah, vol. 3, no. 1, November 2015, hlm. 107-49, doi:10.37397/almajaalis.v3i1.33.