MINAT GENERASI MUDA TERHADAP ILMU HADIS (Kendala dan Solusinya Dalam Rencana Strategi Pengembangan Prodi Ilmu Hadis)

  • Noor Ikhsan Silviantoro Dosen Ilmu Hadis Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i Jember
Keywords: Minat, Generasi Muda, Ilmu Hadits

Abstract

Ilmu Hadis sebagai pengembangan dari Fakultas Ushuluddin adalah program studi baru yang mulai dibuka pada tahun akademik 2015-2016 di berbagai Universitas Islam Negeri di Indonesia. Bahkan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta baru membuka Prodi Ilmu Hadis pada tahun akademik 2016-2017. Berdasar SK Dirjen Pendis nomor : Dj.I/375/2010, STDI Imam Syafii Jember mendapat mandat untuk membuka Prodi Ilmu Hadis sejak 2010, namun  acap kali mengalami pasang surut minat calon mahasiswa terhadap prodi ini. Bermula dari fenomena tersebut maka dilakukanlah penelitian lapangan dari bulan September s/d Desember 2016 dengan  metode pengumpulan data dan analisa kuantitatif deduktif terhadap 500 responden dengan komposisi 25 % merupakan mahasiswa prodi ilmu hadis, 25 % mahasiswa selain prodi ilmu hadis, 50% calon mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan quisioner kepada mereka dengan 40 pertanyaan yang mencakup tiga variabel utama:  faktor internal diri yang mempengaruhi minat, faktor internal prodi dan faktor eksternal berupa pencitraan terhadap prodi ilmu hadis. Data yang terkumpul menunjukkan bahwa 28,5% dari total responden memiliki minat di atas 50 % terhadap prodi ilmu hadis. Berdasar data yang diperoleh, dapat disimpulkan beberapa poin penting yang mempengaruhi minat generasi muda terhadap prodi ilmu hadist, diantaranya: (1)-bobot kurikulum prodi, data menunjukkan bahwa orientasi dasar para peminat prodi ilmu hadis bukanlah dunia kerja, melainkan pengembangan intelektualitas dan wawasan keilmuan. (2)-konsep kajian dan pendekatan ilmu hadis yang digariskan para ulama klasik lebih diminati daripada  pendekatan dan wacana baru dari kajian modern/orientalis.(3)-kualitas, kuantitas, dan frekuensi sosialisasi serta pengenalan prodi ilmu hadis dengan seluruh profilnya kepada generasi muda, baik melalui media, maupun info positif dari para senior tentang prodi ilmu hadis. Tiga hal ini dapat dijadikan acuan dalam menyusun renstra prodi dan upaya-upaya peningkatan minat generasi muda terhadap prodi ilmu hadits. Dengan demikian prodi ilmu hadits semakin memiliki kekhasan dan karakter yang kokoh dalam persaingan dengan prodi lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2012.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
…………, Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006. Bakker, Anton, Metode Penelitian Filsafat , Yogyakarta: Kanisius, 1990.
Ismail, M. Syuhudi, Hadis Nabi Menurut Pembela, Pengingkar dan Pemalsunya. Jakarta: Gema
Insani Press, 1995.
Lexy J. Moleing, Metodologi Penelitian Kualitatidf, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004
Muhaimin, Abd Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosifik dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya, Bandung: Trigenda Karya 1993
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif , Yogyakarta: Rake Serasin, 1998.
Mulyasa, E. Kurikulum Yang Disempurnakan Pengembangan Standard Kompetensi Dan Kompetensi Dasar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005
Neuman, W. Lawrence, Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Research, USA: University of Wisconsin, 2006
Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan , Jakarta: Bumi Aksara, 2002.
Riduwan, M.B.A. Metode dan Teknik Menyusun Tesis , Bandung: Alfabeta 2013.
al- Sam`aniy Abu Sa`iid Abd al-Kariim ibn Muhammad ibn Manshur, Adab al-Imlaa` wal Istimlaa` , Beirut: Maktabah al-Hilaal,1409 H/1989 M
Website :
http://bdkpalembang.kemenag.go.id, 4 Desember, 2015. Elsy Zuriyani, Faktor-Faktor untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa:
http://nurfarida-pendidikan.blogspot.co.id/2012/04/minat-belajar.html
http:// Ilmuhadis.uin-suka.ac.id/index.php/page/berita/detail/1/prospek-dan-arah-pengembangan-studi-ilmu-hadis
http://ushuluddin.uinjkt.ac.id/index.php/profil
http://www.baljurashi.com/al-Mu`allimi Abdurrahman ibn Yahya, `Ilmu al-Rijaal wa Ahammiyatuhu: Multaqa Ahl al-Hadis
http://www.alsunnah.com /al-Khatiib al-Baghdadi, Taqyiid al-`Ilm, 1/116 .
Published
2018-05-31