STUDI KOMPARASI ANTARA BAB AL-MIYAH DI KITAB AL-MUHARRAR FI AHADITS AL-AHKAM DENGAN BAB AL-MIYAH DI KITAB BULUGHUL MARAM MIN ADILLAH AL-AHKAM

Penulis

  • Nur Kholis bin Kurdian STDI Imam Syafi'i Jember

DOI:

https://doi.org/10.37397/almajaalis.v3i2.39

Kata Kunci:

komparasi, bab al-miyah, al-muharrar, bulugh al-maram,

Abstrak

Ibnu abdil hadi dan Ibnu hajar adalah ulama yang hidup pada satu Abad yang sama, yaitu abad kedelapan, kedua-duanya sama-sama memiliki karya dalam hadits ahkam. menjadi sesuatu yang menarik jika dua kitab tersebut diperbandingkan. Pada penelitian ini penulis memulai studi komparasi dari bab pertama, bab al-miya>h di kitab al-muh}arrar dengan bab pertama pula, bab al-miya>h di kitab bulu>gh al-mara>m. Untuk mengetahui bagaimanakah metode Ibnu abdil hadi dan Ibnu hajar dalam menyebutkan hadits-hadits pada bab al-miya>h? dan dari dua bab al-miya>h tersebut manakah yang paling unggul?. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan istiqra' dari hadits-hadits yang mereka sebutkan dalam bab al-miya>h dari kedua kitab, al-muh}arrar dan bulu>gh al-mara>m. Dari perbandingan tersebut tentunya meskipun ada persamaan, namun masing-masing juga memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung dari sisi mana seseorang melihatnya, dan tergantung pula kepada kebutuhan seseorang. Jika seseorang ingin mempelajari atau menghafal hadits ahkam beserta perkataan ulama 'ilal terkait dengan derajat hadits, jalur periwayatan yang berbeda, dan fawaid isna>diyah lainnya maka kitab al-muh}arrar memiliki kelebihan dalam bidang tersebut. Adapun jika seseorang ingin mempelajari atau menghafal hadits ahkam secara ringkas dan to the point serta memiliki perhatian lebih terhadap matan hadits maka kitab bulu>gh al-mara>m memiliki kelebihan di bidang tersebut. Walla>hu a'lam.

Unduhan

Diterbitkan

20-05-2016

Cara Mengutip

Nur Kholis bin Kurdian. “STUDI KOMPARASI ANTARA BAB AL-MIYAH DI KITAB AL-MUHARRAR FI AHADITS AL-AHKAM DENGAN BAB AL-MIYAH DI KITAB BULUGHUL MARAM MIN ADILLAH AL-AHKAM”. Al-Majaalis : Jurnal Dirasat Islamiyah, vol. 3, no. 2, Mei 2016, hlm. 1-33, doi:10.37397/almajaalis.v3i2.39.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama