PENGARUH KONSELING BERBASIS HADIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWI STDI IMAM SYAFI’I JEMBER

Penulis

  • Nurul Budi Murtini Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i Jember
  • Irfan Yuhadi Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i
  • Emha Hasan Ayatulloh Asyari

DOI:

https://doi.org/10.37397/amj.v11i1.456

Kata Kunci:

konseling; berbasis hadis; prestasi belajar.

Abstrak

Kesulitan belajar biasanya terjadi pada peserta didik yang berkemampuan rendah. Konseling berbasis hadis adalah proses membantu dalam sisi psikologis peserta didik yang mengalami masalah dalam proses belajar atau situasi belajar berdasarkan bimbingan hadis-hadis Nabi. Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh dari seseorang setelah melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh konseling berbasis hadis terhadap prestasi belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswi STDI Imam Syafi’i Jember. Jumlah sampel sebanyak 30 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling berbasis hadis berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar pada mahasiswi STDI Imam Syafi’i Jember. Besarnya pengaruh konseling berbasis hadis terhadap prestasi belajar pada mahasiswi STDI Imam Syafi’i Jember sebesar 70%. Sedangkan 30% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

20-11-2023

Cara Mengutip

Murtini, Nurul Budi, dkk. “PENGARUH KONSELING BERBASIS HADIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWI STDI IMAM SYAFI’I JEMBER”. Al-Majaalis : Jurnal Dirasat Islamiyah, vol. 11, no. 1, November 2023, hlm. 125-41, doi:10.37397/amj.v11i1.456.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.