KORELASI ANTARA SURAT AL-NAHL 78 DENGAN GAYA BELAJAR MANUSIA

Penulis

  • irfan yuhadi STDI Imam Syafi'i Jember

DOI:

https://doi.org/10.37397/almajaalis.v5i1.74

Kata Kunci:

Al-Qur’an, Pendidikan, An-Nahl 78, Gaya Belajar

Abstrak

Melalui pendidikan seorang manusia mampu memahami perintah dan larangan yang dibebankan kepadanya. Di dalam Surat An-Nahl ayat 78 disebutkan tentang kondisi awal manusia dilahirkan dalam keadaan tidak berpengetahuan. Namun Allah telah melengkapi manusia dengan tiga perangkat penting dalam mengakses pengetahuan, yaitu; pendengaran, penglihatan dan hati. Ketika ketiga perangkat tersebut dioptimal fungsinya untuk belajar, niscaya hasil pendidikan dapat lebih maksimal dalam durasi waktu yang tidak terlalu panjang. Penelitian ini fokus pada: (1) tafsir dari Surat An-Nahl ayat 78, (2) konsep gaya belajar manusia, (3) korelasi antara Surat An-Nahl ayat 78 dengan gaya belajar manusia. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), Adapun teknik dalam pengumpulan data adalah: pertama, menelusuri tafsir Surat An-Nahl ayat 78 pada beberapa kitab tafsir. Kedua, menelusuri konsep tentang gaya belajar manusia. Ketiga, menganalisis dan menemukan korelasi antara Surat An-Nahl ayat 78 dengan gaya belajar manusia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara Surat An-Nahl ayat 78 dengan gaya belajar manusia adalah saling terkait dan saling melengkapi. Gaya belajar visual dan auditorial sejalan dengan Surat An-Nahl ayat 78. Jika dalam teori gaya belajar hanya menyebutkan tentang perangkat pengakses keilmuan, maka dalam Surat An-Nahl ayat 78 melengkapinya dengan menambahkan perangkat filter keilmuan, yaitu hati atau akal.

Unduhan

Diterbitkan

20-11-2017

Cara Mengutip

yuhadi, irfan. “KORELASI ANTARA SURAT AL-NAHL 78 DENGAN GAYA BELAJAR MANUSIA”. Al-Majaalis : Jurnal Dirasat Islamiyah, vol. 5, no. 1, November 2017, hlm. 57-79, doi:10.37397/almajaalis.v5i1.74.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>