PENGARUH PERASAAN ANAK PENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP IKATAN PERSAHABATAN DI YAYASAN TAHFIDZ AR-RAIHAN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.37397/al-majaalis.v12i1.694Kata Kunci:
emosi anak; ikatan persahabatan; hafalan Al-Qur’an; pendidikan tahfiz; kesejahteraan emosional; dinamika sosial.Abstrak
Penelitian ini mengkaji dampak perasaan anak terhadap ikatan persahabatan dalam konteks hafalan Al-Qur'an di Yayasan Tahfidz Ar-Raihan Jember. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Validitas dan reliabilitas kuesioner dikonfirmasi dengan semua item menunjukkan nilai signifikansi di bawah 5% dan nilai Cronbach's Alpha dalam kisaran yang dapat diterima (0,708 untuk emosi anak-anak dan 0,746 untuk ikatan persahabatan). Analisis tersebut menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara keadaan emosi anak-anak dan ikatan persahabatan mereka, dengan 35,1% variasi dalam ikatan persahabatan dijelaskan oleh emosi anak-anak. Temuan ini menyoroti pentingnya kesejahteraan emosional dalam dinamika sosial pendidikan Al-Qur'an, menekankan perlunya lingkungan yang mendukung secara emosional untuk meningkatkan pembelajaran dan interaksi sosial di antara anak-anak penghafal Al-Qur'an. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor tambahan yang mempengaruhi hubungan ini untuk mengembangkan strategi pendidikan yang lebih komprehensif.