CLASSROOM MANAGEMENT DALAM EDUKASI HADIS QUDSI
(Studi Kasus di Langgar Kidul Al-Muhajirin Sukodono Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.37397/amj.v11i2.454Kata Kunci:
classroom management; edukasi; hadits qudsiAbstrak
Dalam proses belajar mengajar terdapat education dan classroom management. Classroom management merupakan suatu proses kegiatan dalam mengorganisasi suatu kelas secara sistematis, dapat berupa menyiapkan sarana dan prasarana, pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi kondusif dalam pembelajaran, dengan tujuan memberikan kenyamanan kelas dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Adapun edukasi hadis qudsi adalah mengajarkan dan mendidik orang lain tentang hadis qudsi yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad Shallalahu ‘alaihi wa Sallam. Terdapat sekitar 286 musala yang berada di wilayah Kecamatan Sukodono, di antaranya adalah Langgar Kidul Sukodono. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan menemukan implementasi dan indikator efektifvitas classroom management dalam edukasi hadis qudsi di Langgar Kidul Al-Muhajirin Sukodono Sidoarjo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi classroom management dalam edukasi hadis qudsi di Langgar Kidul Sukodono Sidoarjo adalah; (1) keinginan untuk mengetahui firman Allah dalam hadis qudsi, (2) disiapkannya bahan ajar hadis qudsi, (3) dibacakannya hadis qudsi dan dijelaskan dengan menarik, (4) disampaikannya materi dengan tidak terburu-buru dan diulang, (5) disediakannya layar monitor di putri, (6) adanya makanan agar lebih nyaman dalam belajar dan (7) sesi tanya jawab di putri terkadang agak kurang kondusif.