PENGARUH KONSELING BERBASIS HADIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWI STDI IMAM SYAFI’I JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.37397/amj.v11i1.456Kata Kunci:
konseling; berbasis hadis; prestasi belajar.Abstrak
Kesulitan belajar biasanya terjadi pada peserta didik yang berkemampuan rendah. Konseling berbasis hadis adalah proses membantu dalam sisi psikologis peserta didik yang mengalami masalah dalam proses belajar atau situasi belajar berdasarkan bimbingan hadis-hadis Nabi. Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh dari seseorang setelah melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh konseling berbasis hadis terhadap prestasi belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswi STDI Imam Syafi’i Jember. Jumlah sampel sebanyak 30 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling berbasis hadis berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar pada mahasiswi STDI Imam Syafi’i Jember. Besarnya pengaruh konseling berbasis hadis terhadap prestasi belajar pada mahasiswi STDI Imam Syafi’i Jember sebesar 70%. Sedangkan 30% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.